Komunikasi

Padahal kemarin niatku adalah membahas tentang Waktu, tapi, mungkin lain kali.Omong-omong, aku lagi suka judul yang pendek, singkat dan pasti. So guys, setelah kemarin membahas tentang Pulang, kali ini aku ingin membahas tentang sesuatu yang nggak bisa manusia tinggalkan, sesuatu yang sudah ada sejak barangkali saat dunia ini tercipta.

Komunikasi.

Menurutku komunikasi adalah hal yang paling penting di dunia ini, yang seringnya malah diabaikan.

Kita bisa ambil contoh, berapa banyak masalah yang terjadi karena kurang adanya atau bahkan tidak ada komunikasi. Dari yang sederhana sampai yang kompleks, ada. Dari yang dulunya sahabatan sampai ke mana-mana nempel terus, karena adanya kesalahpahaman, sekarang jadi tinggal kenangan. Jual beli juga nggak akan ada kalau nggak ada komunikasi, hm, nanti jadinya maling dong ya? Kasus lain, yang sering ngalamin sih cewek, suka tapi dipendam, atau istilah kerennya sih jatuh cinta diam-diam, iya kalau doi peka, nah kalau nggak? Nenggak baygon (Astaghfirullah, jangan teman-teman. Aku hanya bercanda). Bagaimana dengan yang pacaran? tahu-tahu salah satu pihak minta putus, giliran ditanya alasannya kenapa, jawabannya merasa udah nggak cocok, nggak nyambung, dan segudang alasan lainnya yang isinya omong kosong. Dih. Yang lebih parah, hal ini juga berlaku pada pasangan suami istri, tahu-tahu ribut dan berujung pada perceraian. Bukannya cari solusi, malah rebutan harta dan anak. Jangan lupa, anak juga punya hati, telinga, mata, dan pikiran yang bisa mengetahui apa yang terjadi. Aku yakin, hal ini akan membuat anak jadi trauma. Dan perkara-perkara lain yang pada akhirnya membuat sesuatu yang bernama kedamaian tersamarkan.

Komunikasi di sini bukan hanya tentang kata-kata yang tersampaikan oleh mulut, melainkan juga dengan hati yang tulus dan jujur. Dan ini yang susah. Mengomunikasikan hati. Seringkali otak dan mulut kita sudah bekerja sama untuk menyampaikan apa yang kita inginkan, tapi tahunya hati kita enggan untuk ikut bekerja sama.

Jujur, aku termasuk orang yang susah mengemukakan isi hati (halah). Apa yang dikatakan oleh mulut dengan apa yang hati inginkan seringkali nggak sejalur, dan jadinya malah bertolak belakang. Endingnya, menyesal. Contoh yang paling biasa kita alami sih ketika hati dengan lantang berteriak ‘IYA’ tapi si mulut berkata ‘NGGAK’. Aku sering gitu. Dan ya iya sih, ending-endingnya menyesal (sedikit).

Kadang aku merasa iri sama orang yang suka blak-blakan, mengatakan apapun yang ingin ia katakan (tapi yang jujur dan sopan dong ya). Seolah-olah hatinya itu seringan bulu, nggak ada yang namanya keraguan sedikitpun. Kayak nggak ada beban.

Tapi ya itu, tipikal manusia kan beda-beda. Ada orang yang nggak bisa menahan apapun yang ingin ia sampaikan pada orang lain, ada juga orang yang bisa menahan apapun yang ada di pikirannya dan menyimpannya menjadi rahasia. Dan aku termasuk tipe orang yang kedua. Apa-apa dipendam sendiri. Nggak heran ketika teman-temanku suka komplain mengenai aku yang terkesan misterius (apa banget) bagi mereka.

Yah, aku nulis ini karena aku berharap, jangan sampai ada kesalahpahaman karena kurangnya komunikasi. Kita boleh punya rahasia, tapi ada kalanya hati yang kita punya nggak kuat lagi untuk menyimpan rahasia yang kita simpan, dan satu-satunya jalan adalah dengan mengomunikasikannya. Hal yang paling mudah adalah mengomunikasikannya dengan tulisan, bagiku. Jadi, kalau kalian merasa susah untuk bercerita pada orang lain, kalian bisa mencoba untuk menuliskannya seperti di jurnal, diary, blog, dan lain-lain. Setelah itu, coba katakan apa yang mengganggu pikiran dan hatimu pada orang terdekatmu. Mereka pasti akan mengerti dan membantumu mencari solusinya. Jangan malah cuma diam, bertingkah seolah semuanya baik-baik saja, lalu di hari selanjutnya tahu-tahu minum baygon atau gantung diri di atap rumah. Serius, jangan.

27/09/15

Dian Aulia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s