Mengemas Peristiwa: Al dan Ra (6)

/6/

19, Mei

Layaknya peristiwa sejarah, Mei adalah bulan pergolakan. Maka begitulah saya menjalani hari-hari saya, Al. Pikiran saya dikekang oleh hal-hal yang tidak saya inginkan. Idealisme saya dilumpuhkan karena suatu tuntutan tanpa bisa mempertahankannya. Memikirkannya membuat saya bertanya kembali, apa itu masih bisa disebut sebagai idealisme?

Saya merasa kalah. Tidak pada orang lain, melainkan pada diri sendiri.

Barangkali benar, musuh paling bahaya adalah diri sendiri.

Ah, maaf. Sebenarnya saya tidak ada niat untuk kembali bercerita seperti ini. Pada surat sebelumnya, saya rasa topik yang ditulis pun serupa, terlalu mengasihani diri. Lagi-lagi saya benci dengan apa yang saya lakukan, Al.

Al, harus saya tuliskan apa lagi untuk beberapa surat ke depan kalau pada surat ini pun saya bingung akan menuliskan apa?

Saya sadari, beberapa bulan terakhir ini, saya memandang sesuatu dari perspektif yang negatif. Setiap hal yang saya lakukan berakhir dengan keluhan-keluhan panjang tak berkesudahan. Hidup saya jadi nampak berantakan, begitu berbeda dengan kehidupan beberapa bulan di depan yang sudah saya tuliskan untukmu. Kamu merasakannya juga, Al?

Saya baru menyadarinya sekarang. Mengapa bisa terjadi, Al?

Kini saya tahu, menulis juga dapat membuatmu berkaca pada masa lalu. Bagaimana kamu menjalani hidupmu saat itu, bagaimana pikiranmu bekerja ketika kamu menjalaninya, kamu cukup menulis dan membacanya nanti. Kamu akan mengetahui sesuatu yang sudah kamu lakukan dan tanpa sengaja hilang dari ingatan. Kamu tahu bahwa kamu juga pernah merasa bahagia, dan itu, sama seperti saya saat ini, akan membuat sedikit terhibur juga.

Betul Al, barangkali saya lupa bagaimana bersyukur.

Kini, saya ingin berterimakasih padamu karena secara tidak langsung kamu pun membantu saya untuk berhenti memandang sesuatu dari perspektif negatif melalui catatan yang saya kirim untukmu.

Tabik dariku, Ra Abraham Sumitra.

Leave a Reply

